Minggu, 28 September 2014

Manfaat dan Kandungan Gizi Abon Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Abon ikan mengandung kadar protein tinggi dan sangatbagus bagi penderita kurang protein dalam darah atau disebut hipoalbuminemia, meringankan penderita HIV/ AIDS, dikonsumsi untuk memenuhi Gizi balita untuk mendukung pertumbuhan, penyembuhan penderita luka. Siapa yang tak kenal dengan abon? Abon ini merupakan produk olahan yang sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat.

Misalnya sarapan pagi memakai mie yang ditambahkan telor rebus, makan siang memakai mie, terkadang makan mie ketika mereka begadang. Secara tidak sadar mereka kekurangan asupan gizi untuk mensupport nutrisi otak dan juga mensupport kandungan mineral dalam tubuh kalangan pemuda. Jika hal ini dengan sengaja dibiarkan selama berlarut-larut maka akan berdampak, tingkat kecerdasan pemuda, mahasiswa maupun pelajar akan menurun perlahan-lahan

selain itu juga memiliki beberapa manfaat di antaranya :

1. Sebagai sumber makanan yang irit dan praktis Dengan pengemasan yang baik abon ayam dapat menjadi pilihan makanan siap saji yang murah, enak, mudah, dan dapat dibawa kemana saja. Cocok sekali bagi orang yang sibuk, anak kos, pendaki gunung, atau dalam perjalanan.

2. Manfaat selanjutnya yaitu kaya protein hewani Dengan bahan dasar berupa daging ayam sudah tentu mengonsumsi abon ayam dapat menambah dan meningkatkan asupan protein hewani ke dalam tubuh. Dimana protein dikenal sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

3. Sumber makanan yang tahan lama Dengan sifatnya yang tahan lama tanpa perlu dimasukkan ke dalam frozen menjadikan abon ayam sebagai salah satu pilihan makanan yang selalu tersedia di dapur dikarenakan dalam kondisi darurat yang seharusnya persiapan ketika keadaan darurat seperti ketika kehabisan persediaan makanan.

4. Sumber energi Meskipun bentuknya seperti camilan namun abon ayam ternyata memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Seperti makan abon saat sarapan bermanfaat untuk memasok energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas hingga siang hari.

5. Membuat perut terasa kenyang lebih lama Selain kandungan protein pada abon juga terdapat kandungan lemak yang berasal dari daging dan minyak yang digunakan untuk menggoreng sehingga dapat mengatasi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

6. Meningkatkan peredaran darah Kandungan lain pada daging ayam adalah zat besi yang terkenal kaya manfaat diantaranya untuk meningkatkan peredaran darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

7. Meningkatkan produksi sel darah merah Kandungan zat besi pada abon juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan kandungan sel darah merah adalah hal yang penting dan juga sangat diperlukan oleh tubuh diantaranya untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, memelihara sistem imun,, mengatur suhu tubuh, serta membawa karbondioksida ke tempat pembuangan.

8. Mencegah anemia Dengan produksi sel darah merah yang baik dan lancar akan mencegah kita terkena penyakit anemia. Yaitu penyakit berupa kurangnya kadar sel darah merah dalam darah yang ditunjukkan dengan gejala seperti lesu, sakit kepala, dan pusing.

9. Mencegah infeksi luka Kadar sel darah merah yang cukup dalam darah juga dapat melindungi tubuh dari infeksi luka. Sehingga ketika tubuh mengalami luka-luka kecil seperti terkena sayatan pisau atau benda tajam lainnya luka dapat tertutup lebih cepat dan terhindar dari infeksi.

10. Baik untuk kesehatan tulang Mengonsumsi abon ayam juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin D yang dimilikinya dapat membantu perkembangan tulang, memelihara struktur tulang, dan memelihara kepadatan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

11. Meningkatkan daya tahan tubuh Daya tahan tubuh yang baik sangat diperlukan untuk melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit. Diantara semua nutrisi ada salah satu nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah selenium yang juga terkandung dalam abon ayam.

12. Meningkatkan konsentrasi Peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh termasuk ke otak menyebabkan asupan oksigen yang dibutuhkan otak terpenuhi dengan baik sehingga mengonsumsi abon ayam dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Selama ini abon hanya dipandang sebelah mata dan diremehkan oleh banyak orang,  ternyata ada banyak manfaat abon ikan untuk kesehatan. Demikian ulasan tentang Manfaat dan Khasiat abon ikan Bagi Kesehatan Tubuh untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik memulai bisnis olahan abon ikan ini maka akan kami sediakan Info mengenai peluang bisnis Pastel Abon dan aneka camilan lain bisa anda klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar