Minggu, 28 Desember 2014

Resep Cara Membuat Abon Ayam Bawang Dirumah

Camilan ini memang populer disaat saat lebaran dan juga disaat hari libur, siapa yang gak kenal dengan abon ayam bawang, camilan ini berbentuk layaknya kebanyakan abon biasanya, cuma yang membedakan adalah isi didalam abon tersebut berisi ayam bawang.

abon ayam bawang ini juga biasanya dibuat sebagai isian abon dan juga dijadikan camilan ini identik memang disaat lebaran, namun saat ini anda tidak perlu khawatir lagi loh, abon ayam bawang bisa disantap dan kita konsumsi setiap saat. Berikut akan kami sertakan resep dan cara membuat abon ayam bawang ini.

Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Ada beragam jenis abon ayam. Yang kami bagikan kali ini adalah cara membuat abon ayam bawang. Berikut bahan yang dibutuhkan:

1. Daging ayam sebanyak 1.500 gram
2. Bawang merah sebanyak 1000 gram. Kupas kulitnya dan iris tipis.
3. Kaldu ayam bubuk sebanyak 3 sendok makan.
4. Santan kental dari ½ kelapa tua sebanyak 100 mililiter
5. Minyak untuk menggoreng dan menumis bumbu. Secukupnya
6. Siapkan bumbu halus berupa:
7. Bawang putih sebanyak 150 grma
8. Cabe merah sebanyak 150 gram.
9. Cabe rawit sebanyak 11 buah. Pilih cabe rawit yang hijau.
10. Terasi sebanyak ½ sendok teh
11. Garam sebanyak 1 sendok teh.


Meracik Abon Ayam Bawang
Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan siap, ikuti langkah berikut:

1. Rebus daging ayam yang telah dibersihkan dengan tambahan garam sebanyak 1 sendok teh di dalam air sebanyak 1000 mililiter. Panaskan hingga daging menjadi lunak dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, buang kulit ayam.
2. Panaskan minyak untuk menumis. Kemudian masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga bumbu menjadi harum. Matikan api dan angkat bumbu. Simpan di wadah dan dinginkan.
3. Langkah selanjutnya yaitu proses menumbuh daging ayam tersebut dan yang telah direbus tadi dengan menggunakan batu yang biasanya disebut dengan batu lumpang. Setelah itu,  suwir atau cabik ayam sampai dging ayam terpisah dalam ukuran setipis mungkin
4. Kemudian campurkan suwiran ayam tersebut dengan bawang merah dan juga bumbu halus yang telah ditumis. Tambahkan kaldu ayam bubuk, santan dan juga gula pasir. Aduk terus hingga merata sempurna.
5. Selanjutnya, panaskan minyak untuk menggoreng. Daging ayam tadi yang sudah bercampur dengan semua bumbu langkah selanjutnya yaitu digoreng sedikit demi sedikit hingga matang dan garing. Angkat dan dinginkan. Tekan abon dengan kertas agar minyaknya terserap. Jika terlalu padat, bisa dibikin terpisah dengan menggunakan garpu.

Bagaimana? mudah bukan membuat camilan sehat ini dirumah. Sediakanlah camilan sehat ini dalam kondisi apapun, karena camilan ini tentu memiliki kandungan gizi dan juga lebih terjamin kebersihan serta kesehatannya demikian ulasan tentang resep dan cara membuat abon ayam bawang untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik memulai bisnis rumahan abon ayam bawang maka akan kami sediakan Info mengenai peluang bisnis abon ayam bawang rumahan dan camilan lain bisa anda klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar